Thursday, November 23, 2006

????????????????

Ketika semua media memberitakan tentang aksi mahasiswa hampir di seantero indonesia, Makassar harus puas dengan berita tentang tawuran yang kembali di kampus UNM. Citra buruk pun kembali harus disandang mahasiswa makassar. Padahal itu tak berlaku pada semua mahasiswa makassar. Citra buruk yang buatku seperti sebuah rekayasa yang dilakukan oleh sekelompok oknum yang memang ingin memperlihatkan kebobrokan mahasiswa makassar. Dihari yang sama sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam GAM makassar (bukan GAM Aceh), tapi ini dibentuk murni untuk melawan semua kebijakan yang tak berpihak pada mahasiswa dan rakyat kecil. Timbul pertanyaan mampukah GAM melakukan tugasnya, apakah itu akan membawa perubahan dan sejauh mana ia akan terus bertahan melawan para pengambil kebijakan itu.

Aksi 20 november yang menolak kedatangan bush, harus berakhir cepat karena tawuran yang kembali terulang di kampus UNM parangtambung. Sebegitu bobrokkah sebagian mahasiswa yang ada....????hanya tau berkelahi dengan temannya sendiri lantaran persoalan yang sebenarnya bisa dibicarakan dengan kepala dingin, sejauh mana harga diri itu ia pertahankan lantaran karena sebuah pukulan. Apakah hanya itu yang bisa kita pikirkan, kenapa tak ada waktu untuk memikirkan kondisi bangsa yang semakin dizalimi, bukankah itu jauh lebih sakit kebanding sebuah pukulan. ”siri” bagi bugis makassar harus dipertaruhkan sekalipun dengan nyawa, lantas kenapa pelecehan terhadap mahasiswa sedikitpun tak ditanggapi, masih banyak yang harus kita renungkan tak sekedar memikirkan kapan tawuran...

Ketika aksi kemarin hanya ada beberapa mahasiswa yang ikut, dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang sedang tawuran di kampus sana. Bush telah menginjakkan kakinya di negara yang kita cintai, ia adalah penjahat bangsa yang seharusnya kita lawan, bukan malah berkelahi dengan saudara sendiri. Kedatangan bush menorehkan luka yang dalam bagi bumi pertiwi, tidakkah kedatangannya semakin memperburuk kondisi bangsa kita...dengan iming-iming hendak membantu kondisi bangsa yang sedang terpuruk, dengan janji investasi yang akan semakin memperbanyak utang dan bantuan-bantuan yang akan membuat mereka tunduk pada setiap perintah darinya.

Apakah kita tidak sedang terjajah????????

No comments: