Sunday, December 17, 2006

belajar lagi ya....

Ada banyak hal yang tak aku pahami, hubungan persahabatan, teman, musuh dan pacaran...Setiap orang punya cara yang berbeda dan juga selalu ada pemaknaan yang berbeda. Kemarin aku membuat seseorang marah dan sampai hari ini mataku masih sulit untuk terpejam. Apakah rasa bersalah atau karena aku tak ingin merusak hubunganku dengan siapapun. ntahlah....

Aku jadi ingin bertanya pada seorang sahabat "Rian" gimana hubungan kita selama ini. apakah persahabatan itu salah juga dengan ikatan persaudaraan dan apakah ketika engkau telah mempunyai seorang pendamping hubungan kita akan mempunyai jarak dengan sendirinya.

Ada apa dengan pacaran, aku ngga ngerti gimana memaknai pacaran, apakah itu hubungan antara dua pasang manusia dan hubungan yang seperti apa...???Apakah mengikat seperti layaknya perkawinan dan sebuah kesepakatan atau mungkin membangun komitmen. Lantas seperti apa keadilan itu, apakah keadilan yang kita pahami adalah sama-sama merasakan atau seperti apa...??? Aku kira adil itu ketika menempatkan sesuatu pada porsinya, keadilan gender bukan berarti apa yang diterima laki-laki juga harus diterima perempuan.

Menyedihkan untuk mengambil sebuah keputusan yang tak banyak dijalani tau mungkin lari dari kebiasaan, merokok, jadi tukang demo, pacaran dengan sejenis, atau hal-hal yang masih dianggap tabu lainnya. Setiap putusan punya konsekuensi masing-masing. Dan sangat susah untuk mempercayai orang lain, aku jadi teringat pada seorang kakak yang mengatakan jangan mudah percaya pada orang lain.
Aku masih harus belajar banyak tentang hidup yang lebih keras dari yang ada di benakku.

Terima kasih untuk kasih yang tak terucap.

No comments: