Saturday, April 28, 2007

Dek...Tidak usah ikut Trend...

Setiap hari TV akan menjadi tontonan penghibur yang membuat masyarakat terlena dengan sekian mimpi-mimpi dan kebahagian sesaat. Sangat lucu ketika mulai melihat saudara-saudaraku terlena dengan tontonan sinetron yang ada pada kotak segi empat itu. Berbagai trend-trend terbaru juga akan mereka perhatikan mulai dari model rambut, pakaian hingga segala tetek-bengek yang kadang tak kita butuhkan. Mereka akan terbuai dan mulai membayangkan kapan barang-barang bermerk itu ada ditangannya.

“kak itu yang lagi trend sekarang” kata adikku ketika ia membujukku membantunya membeli sebuah HP kamera yang hingga hari ini tak dimilikinya.
“emangnya HP kamera itu untuk apa?”
“teman-temanku semuanya pake kamera, malah ada yang pake N73!!!”
“memangnya mereka tahu pake?”
“tidak...kan hanya untuk bergaya”

Di hari yang lain adikku merengek ingin menggunakan pemutih muka dengan sekian zat berbahaya. Berulang kali aku melarang penggunaannya tapi tak ada hasilnya.

“kakak sih enak udah dari kecil kulitnya putih, sementara aku hitam” belum lagi dengan perbedaan-perbedaan kami yang lainnya.
Dasar iklan ....andai tak ada bentukan media tentang gimana perempuan yang cantik, yang harus putih berambut lurus langsing pasti tak akan ada masalah dengan warna kulit, dengan rambut yang keriting ato dengan tubuh yang bondeng.

Aku tidak habis pikir ketika ia ingin memilikinya hanya untuk memperlihatkan ke teman-temannya kalau barang yang dimilikinya lebih bagus. Belum lagi cara berpakaian ala artis-artis yang mereka gandrungi. Atau pola hidup bebas yang katanya modern. Pelukan dan ciuman itu sudah biasa. Bahkan adik sepupuku mengatakan kalau tidak mau disentuh ama yang namanya laki-laki tidak usah pacaran”, ketika ia mendengar aku menasehati adikku untuk jaga diri.

Kondisi yang semakin parah. Siri’ sudah mulai menghilang tau mungkin mereka tak pernah mendapat pelajaran tentang bagaimana bersikap.

“dek...gaya hidup modern itu bukan sekedar mengikuti trend-trend terbaru, ato dengan melihat cara bergaul yang ada di TV. Kita harus menjaga siri’ yang kita punyai...

No comments: