Tuesday, October 2, 2007

Setelah Keliling Bone

41 hari telah usai...kalo aku mengingat gimana pertamakali memelai perjalananku akhir agustus kemarin.aku berpikir akan lama menghitung hari-hari di bone. aku harus meninggalkan kuliahku untuk waktu yang lama. ntah gimana hasilnya nanti aku tidak tahu. mungkin aku masih harus bertahan lama di kampus UNHAS.hari ini survainya telah selesai, aku bisa menghirup kembali hawa makassar. panggilan pulang kampung telah lama ada...tapi masih harus tertunda beberapa hari.
ada banyak pengalaman yang aku temukan disana. setiap desa yang aku datangi memiliki cerita tersendiri yang telah mengajari aku banyak hal. berbagasi sifat manusia kutemukan berbeda, bukankah setiap orang memang berbeda...dan harus kita terima. masalahnya muncul kalo kita tidak bisa memahami orang lain dan menuntut mereka untuk bisa mengerti kita.
ahhh...
kemarin UKPM LPJ triwulan kedua, aku tidak bisa tinggal sampai selesai...ga enak juga, tapi ada banyak kerjaan yang harus aku selesaikan. buka puasanya rame banget. lama ga ngumpul sama mereka...
sayang banget seorang sahabatku telah kembali ke kampungnya di Jawa tengah tanpa sempat bertemu. sedih...bukankah setiap pertemuan emang harus diakhiri dengan perpisahan. seperti desa terakhir yang aku datangi, kehidupan masyarakat yang sederhana membuatku ingin terus berada di tempat itu, tapi aku hanya singgah...

No comments: