Monday, September 11, 2006

caving clinic

ketika keluarga kecilku di UKPM sibuk dengan UNHAS EXPO, aku memilih untuk ikut kegiatan teman-teman di korpala. keinginanku untuk susur gua tidak bisa ditahan lagi, akhirnya aku bertanya pada kak alan yang kebetulan jadi ketua panitia.
malam jum'at ketika ana'2 mempersiapkan bahan pameran sampe subuh, tak aku temani (maafkan aku saudaraku, aku butuh istirahat cukup setelah kemarin malam begadang sampe pagi mengerjakan tugasku tapi toh ternyata aku tak kuat ke kampus. pusing bercampur mual, setelah begadang semalaman tanpa air minum, dan seorang teman. cukup menyedihkan tapi membuatku bisa konsen. makanan yang diberikan anak korpala tak bisa aku sentuh, entah selera makanku menghilang kemana. perutku hanya diisi segelas energen (makasih energennya ya Panji, sering-sering aja membawakan kami). lanjut cerita pagi-pagi semua udah bangun dan membawa mading caka, BBB, buku-buku, juga gambar che guevara yang tak mau sendirian di UKPM. ia melahirkan subuhnya dan tatapannya membuat kami harus membawanya.
menjelang jam 11 aku kembali ke UKPM, aku belum mempersiapkan barang-barang yang hendak aku bawa. pusing juga ini pertama kalinya aku susur gua, aku tak tau bawa apa, jadinya teman-teman korpala harus meladeni setiap pertanyaanku (makasih ya, terutama untuk kak laga atas SB dan sepatu boatnya, persis banget lo dikakiku, trus untuk kak alan ama yang lain) tak lupa juga untuk arni yang rela membawakanku ranselnya.
janji berangkat jam 2, akhirnya molor, peserta yang belum datang, juga mobilnya membuat kita terlambat ke lokasi.
berangkat sekitar jam 4 sore dengan 3 pete-pete. selain aku ada juga ani dari pers. yang lainya pesertanya dari MAPALA makassar, juga 6 orang dari pare. sampai di lokasi matahari mulai meninggalkan peraduannya. aku ama ani tak punya tenda, janji panitia untuk menyiapkan tenda menjadi pegangan kami akan mendapatkan tempat tidur. kenalan dengan peserta, ternyata selain aku ada juga kasuari yang tak punya tenda. emh...gimana ya...? seorang peserta cowok sibuk mendirikan tendanya sendirian, akhirnya kami mendekat padanya dan meminta tumpangan. iya bersedia dengan syarat kami harus rela berdesak-desakan. itu bukan masalah kan. ternyata ia bernama Ammar dari teknik sipil politeknik, juniornya anja.
kami memasak bareng, karena aku tak tau gimana menggunakan kompor lapangan dan nesting jadilah itu tugas kasuari dan Ammar, aku ama ani membantu mengambilkan air dan cuci piring.
selesai makan kami harus breafing tentang kegiatan esok hari, mulai dari pembagian anggota kelompoknya, pendamping dan gua mana yang akan kami kunjungi. setelah itu dilanjutkan dengan materi tentang batuan karst dan fauna yang terdapat di taman nasional bantimurung bulusaraung. materinya sebenarnya menarik, tapi aku tidak punya dasar pengetahuan tentang istilah-istilah yang disebutkan karena aku bukan dari MAPALA. materinya tidak berlangsung lama karena pemateri yang juga dosen UNHAS buru-buru pulang (terlambat datang sih). breafing dilanjutkan kembali dan setelah itu kami harus istirahat.

No comments: