Sunday, January 28, 2007

sekolah alternatif

cape...banget.
Tapi menyenangkan bisa menghabiskan sore bersama anak-anak jalanan.
Ntah apa yang tepat untuk mereka.
Buat aku sih bukan anak jalanan.
mungkin karena mereka selalu menghabiskan waktunya dijalan kali ya...
danau tempat mereka ngumpul setiap minggu sore. dua puluhan anak-anak mulai dari yang tidak sekolah hingga anak kelas enam SD. pertamanya hanya ada aku dan kak dedy, juga lima anak-anak itu. menemani mereka manjat pohon. mau ambil buahnya. tapi ngga jadi tangganya runtuh. kasian juga. tapi mereka bukan anak manja. dengan sebilah bambu anak itu bisa turun.
ngga lama niar muncul dengan puluhan anak-anak lainnya. ngga tau gimana ia membawa anak-anak itu. kami bertiga menghadapi piluhan anak kecil. biar ngga terlalu kerepotan, kami membagi tiga anak-anak itu. niar dengan anak-anak yang belum sekolah dan ngga tau membaca. aku dengan putri-putrinya yang udah tau membaca. terus kak ded dengan anak laki-laki. tapi masih susah membuat mereka tenang. ribut, berkelahi, mengganggu sekelompok mahasiswa lainnya yang sibuk kajian.
susah membuat mereka nurut.
aku senang bersama mereka, bernyanyi, main, nelajar membaca, berhitung semuanya dengan senang hati.
aku bisa tertawa bebas.

No comments: